• Breaking News

    Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Silahkan dengarkan Glest Radio 774 AM Streaming Di Sini...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...GLEST GO Green...:::...Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

    Kota Bekasi : Gratis SD dan SMP, Subsidi untuk SMA/SMK

    Glestradio.com - Bekasi – Pendidikan gratis di Bekasi hanya diperuntukan bagi siswa SD dan SMP negeri.  Sedangkan, siswa SMA/SMK Negeri hanya mendapatkan subsidi biaya pendidikan SPP.
    Hal ini ditegaskan Plt Walikota Bekasi Rahmat Effendi sehubungan menjelang tahun ajaran baru. Pendidikan gratis ini tidak diberlakukan untuk siswa SMA/SMK Negeri dengan alasan wajib belajar pendidikan dasar hanya 9 tahun yaitu mulai dari SD hingga SMP. “Sehingga biaya pendidikan gratis hanya diperuntukkan bagi siswa yang ada di tingkat SD-SMP saja,” katanya.

    Meski demikian, kata dia, Pemkot Bekasi tetap memberikan perhatian kepada siswa tingkat SMA/SMK Negeri. “Bentuk perhatian bagi dunia pendidikan SMA/SMK dengan pemberian subsidi biaya SPP bagi siswa SMA/SMK,” jelasnya.
    Subsidi yang diberikan bagi seluruh siswa SMA/SMK Negeri ini untuk meringankan biaya SPP yang harus dibayar setiap bulannya oleh para siswa. “Siswa SMA/SMK Negeri regular subsidi yang diberikan sebesar Rp50 ribu/siswa/bulan. Sedangkan, bagi siswa SMA/SMK Negeri RSBI subsidi yang diberikan sebesar Rp122.500/siswa/bulan,” ungkapnya.
    Rahmat Effendi menuturkan, SPP siswa SMA/SMK Negeri regular antara Rp200-Rp300 ribu/siswa/bulan, dengan subsidi Rp50 ribu, maka siswa hanya membayar Rp150-Rp250 ribu.
    Sedangkan, untuk SMA/SMK Negeri RSBI besaran SPP Rp400 ribu dengan subsidi Rp122.500, maka siswa hanya akan membayar Rp277.500. Alokasi dana untuk subsidi siswa ini bersumber dari APBD Kota Bekasi 2011 sekitar Rp24 miliar.
    Menurutnya, subsidi bagi seluruh siswa ini mulai berlaku sejak tahun anggaran di mulai yakni, Januari lalu. ”Kami berharap subsidi biaya SPP ini dapat meringankan beban biaya SPP yang harus dikeluarkan orangtua siswa,” katanya. 
    Di sisi lain Kadis Pendidikan Kota Bekasi ,Kodrato membenarkan hal tersebut, "Kota Bekasi sebagai kota cerdas akan tetap memperhatikan dunia Pendidikan semaksimal mungkin".Katanya.
    Paparnya, "Pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2011/2012 ini, masyarakat khususnya masyarakat pendidikan dapat terus melanjutkan program pemerintah kota bekasi yang mengratiskan sekolah atau memberikan subsidi sehingga meringkankan masyarakat umum serta meningkatkan taraf kecerdasan kota Bekasi, dengan ketentuan tersebut".
    Pemerintah Kota Bekasi, selama beberapa tahun terakhir memang telah mampu meningkatkan taraf pendidikan bahkan berprestasi di kanca internasional, hal ini membuktikan kepedulian pemkot dan dinas pendidikan kota bekasi dalam pendidikan.
    (Dieni)

    1 komentar:

    1. Knp setiap sd negri dimintai uang masuk sekolah pindhan dri sekolah lain..alsanny uang adrimistrasi..

      BalasHapus

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo