• Breaking News

    Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Silahkan dengarkan Glest Radio 774 AM Streaming Di Sini...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...GLEST GO Green...:::...Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

    Pemerintah Memutuskan Awal Puasa Jatuh 1 Agustus 2011

    Glest Radio - Pemerintah akhirnya memutuskan awal puasa jatuh pada Senin, 1 Agustus 2011 atau besok. Keputusan ini diambil dalam siding isbat di Kementerian Agama, yang dipimpin Menteri Agama, Suryadharma Ali, Ahad, 31 Agustus 2011. Dari 38 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, tiga lokasi melihat penampakan hilal yaitu di Makassar, Gresik, dan Bangkalan. "Dengan demikian Ramadan jatuh pada Senin, 1 Agustus atau besok," kata Ahmad Jauhari, Direktur Urusan Agama, Kementerian Agama, Ahad, 31 Juli 2011. Menurut Jauhari, di tiga lokasi itu hilal berada pada ketinggian 4 sampai 6 derajat.

    Keputusan awal puasa jatuh esok sudah diputuskan organisasi Muhammadiyah sebelumnya.

    Awal puasa esok juga dilakukan warga Arab Saudi. Keputusan itu diambil setelah bulan baru tidak terlihat saat diamati Sabtu malam lalu, 30 Juli 2011. 

    Permulaan puasa besok juga akan berlaku di Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Di Indonesia, permulaan puasa Ramadan juga akan berlangsung besok. 

    Sesuai dengan syariat Islam, puasa Ramadan bisa berlangsung 29 atau 30 hari. Biasanya, selama puasa kegiatan bisnis dan perkantoran agak berkurang. Kegiatan lebih banyak berlangsung pada malam hari.

    Sementara itu, sejumlah umat Islam dari pengikut Tarekat Naqsabandiyah Islam tradisional di Sumatera Barat sudah mulai sejak Sabtu, 30 Juli 2011. Pimpinan jemaah Naqsabandiyah untuk Musala Baitul Makmur di Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Syafri Malin Mudo, mengatakan berdasarkan hisab ajaran Naqsabandiyah penetapan awal Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha selalu lebih awal 2 hari dari versi pemerintah.

    “Hal itu didasarkan pada metode hisab Munjid yang digunakan Tarekat Naqsabandiyah yang berasal dari Mekkah, Arab Saudi. Berdasarkan kalender kami, 1 Ramadan 1432 Hijriah jatuh hari Sabtu 30 Juli 2011,” kata Syafri, Minggu 30 Juli 2011.

    Masjid pengikut ajaran ini juga terdapat di sejumlah kota dan kabupaten lain di Sumatera Barat. Pengikut Naqsabandiyah di Kota Padang lebih dari 3.000 orang, sedangkan di Sumatera Barat sekitar 8.000 orang.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo