• Breaking News

    Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Silahkan dengarkan Glest Radio 774 AM Streaming Di Sini...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...GLEST GO Green...:::...Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

    Cara Agar Freezer tak Jadi Sumber Penyakit


    GlestRadio.com - Tahukah Anda kalau freezer yang jarang dibersihkan ternyata bisa menjadi sumber penyakit.

    Seperti dikutip dari data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), AS, satu dari enam orang di AS tiap tahun mengalami penyakit karena kontaminasi makanan.

    Memang kebanyakan kasus yang dialami adalah masalah minor, tapi kontaminasi makanan ini juga memakan korban jiwa sekitar 3.000 orang di AS tiap tahunnya!

    Memang membekukan makanan merupakan salah satu metode yang efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan.

    Tapi saat freezer kehilangan kemampuan membekukan makanan, apalagi jika tipe kulkas yang digunakan bukanlah no-frost alias tanpa bunga es, Anda harus membersihkannya secara teratur agar bisa kembali bekerja optimal.

    Kendati begitu meskipun tipe kulkas Anda sudah no-frost, membersihkan freezer secara berkala akan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah.

    Berikut beberapa langkah membersihkan freezer.

    1. Matikan dan copot steker freezer. Keluarkan semua isi freezer, begitu pula makanan yang sudah tak lagi bisa dikonsumsi.

    Simpan bahan makanan yang masih bisa dikonsumsi ke dalam wadah es yang sudah diberikan es kering atau pindahkan ke freezer lain.

    2. Keluarkan baki atau penampang dalam freezer. Bersihkan baki dan penampang itu dengan sempurna dalam air hangat serta sabun. Bilas hingga bersih lalu keringkan.

    3. Campurkan dua atau tiga tetes sabun cuci dalam air hangat. Bersihkan freezer menggunakan larutan ini menggunakan kain lembut yang bersih. Sapukan freezer hingga dirasa bersih. Jangan lupa bersihkan engsel pintunya.

    Jika masih terdapat bunga es, biarkan bunga es mencair seluruhnya. Jangan gunakan benda tajam untuk mencungkil freezer, karena bisa merusak komponen pendinginnya.

    4. Cucilah kain pembersih tadi hingga bersih, atau gunakan kain baru untuk membilas freezer. Bilaslah bagian dalam freezer dengan air bersih, bersihkan pula paking (pelapis) bagian freezer agar tak tersisa sabun.

    5. Gunakan sarung tangan dan bersihkan menggunakan cairan pemutih pakaian yang sudah dicampurkan air hangat dengan perbandingan 1:9. Gunakan kain bersih dalam larutan itu dan aduk secara perlahan.

    6. Basuh seluruh bagian dalam freezer, termasuk tempat laci dan rak menggunakan larutan yang tadi telah kita buat. Larutan itu akan membunuh bakteri yang ada dalam freezer.

    Keringkan freezer dengan membuka pintu kulkas selama 15 menit hingga kering.

    7. Tutup kembali freezer dan nyalakan seperti biasa. Anda dapat menunggu hingga freezer kembali pada temperatur ideal, baru kembali menyimpan makanan.

    Temperatur ideal untuk menyimpan makanan adalah -18 derajat Celcius sementara untuk membekukan makanan ada di kisaran -23 derajat Celcius.

    Penulis: Yudo Dahono/YUD/Beritasatu
    Sumber:eHow

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo