• Breaking News

    Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Silahkan dengarkan Glest Radio 774 AM Streaming Di Sini...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...GLEST GO Green...:::...Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

    Kecap SH Produk Tangerang yang Nomor 1

    GlestRadio.com - Pernah beli atau menggunakan kecap SH untuk masakan di rumah atau melihat warung makan atau penjual makanan di sekitar Tangerang menggunkan kecap SH. Nah di sini lagi salah satu ciri khas produk makanan berupa bumbu kecap hasil produksi warga Tangerang.  Kecap yang konon dari kata ‘koechiap’, terkadang menunjukkan ‘kemenangan’ selera lokal. Setidaknya di Tangerang. Terutama pada warga Cina Benteng, kecap bermerek SH adalah pilihan utama.

    Kendati serangan promosi begitu gencar, lewat tirai penutup warung kaki lima bergambar produk kecap tertentu, daya hidup kecap ‘indie label’ SH alias Siong Hin, tetap seperti dulu. Seakan dirawat oleh publiknya, sebagai bagian dari, katakanlah, local wisdom.

    Tiap kali mampir di rumah makan hingga warung kaki lima di Tangerang, si hitam ini selalu jadi primadona. Sebagai teman makan bubur, siomay, batagor, hingga gado-gado. Rasanya manis dengan warna hitam yang pekat. 

    Luar biasanya, siapa tak kenal dengan bumbu masak yang warnanya hitam pekat, kental, dengan rasa manis ini? Biasanya digunakan untuk pelengkap soto, batagor, bakso, hingga gado-gado. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan bumbu ini salah satu makanan wajib saat waktu makan tiba.

    Kecap terbuat dari kedelai hitam yang dicampur dengan gula merah, tak heran jika rasanya manis legit. Di wilayah Tangerang ada kecap yang cukup populer sejak tahun 1920, Kecap Benteng atau Siong Hin namanya. Kecap ini memiliki rasa manis yang enak tidak berlebihan dan teksturnya yang tidak terlalu kental namun tidak juga encer.

    Kecap benteng ini pertama kali dibuat dan dipopulerkan oleh masyarakat Cina Benteng yang ada di daerah Tangerang. Adalah Lo Tjit Siong yang mendirikan pabrik kecap ini pertama kali yang kemudian diteruskan oleh anak keturunannya. Meskipun bermunculan jenis dan merk, Kecap Benteng tetap jadi primadona di daerah Tangerang dan sekitarnya. Kecap Benteng ini terdiri dari dua jenis, kecap manis dan kecap asin. Soal harga, Kecep benteng mampu bersaing dipasaran, yaitu Rp 7.500 untuk ukuran 290ml. Labelnya berwarnan oranye terang dengan huruf SH menjadi ciri khasnya. Kecap ini populer dengan sebutan Kecap Benteng dari pada kecap SH.

    Populernya Kecap Benteng tidak hanya di warung kaki lima saja tetapi juga resto besar yang ada di daerah Tangerang hingga Banten. Kalau belum pernah mencicip, silakan cari di toko dan pasar swlayan di Jakarta.


    Sumber : Detik, Indri blog dan sumber lainnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo